Jumat, Juli 06, 2007

Harganya naik semua!

BBM, susu, beras, gas elpiji, daging, minyak goreng, dan banyak kebutuhan lain harganya merangkak naik. Aku tidak habis pikir, lha kok bisa, semua satu persatu barang – barang yang setiap hari dibutuhkan masyarakat malah naik signifikan. Sepertinya, kenaikan ini tidak ada henti – hentinya, selalu ada saja yang naik. Contohnya yang sekarang baru saja terjadi, beberapa waktu lalu (yang sekarang mungkin masih hot) harga minyak goreng gonjang – ganjing naik drastis sampai Rp 9000,-/kg. Setelah minyak goreng kembali reda, giliran susu yang sekarang naik hingga 10%.
Namun seperti yang saya dengar dan lihat di suatu tayangan berita di televisi, kenaikan susu ini ternyata terjadi di seluruh dunia (walaupun seluruh dunia ikut naik, tapi tetap saja harganya ngga enak di kantong). Sebelum itu, harga beras juga naik hingga Rp.6000,-/kg. Hingga tak dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia yang tidak mampu. Gas elpiji, BBM, daging, semuanya naik. Saya kemudian berpikir, kalau hal seperti ini terus dan terus terjadi (apalagi untuk barang – barang keperluan sehari – hari) normal (menurut anda normal atau tidak?) jika jumlah masyarakat miskin Indonesia bertambah. Celakanya, kenaikan harga – harga ini tidak dibarengi dengan meningkatnya kemampuan ekonomi masyarakat tidak mampu di Indonesia.
Jika saja kenaikan harga ini dibarengi dengan meningkatnya kemampuan ekonomi masyarakat Indonesia, saya rasa hal seperti ini masih dapat diatasi.

Tidak ada komentar: