Jumat, Juli 06, 2007

Indonesia menawan!

Jika saya melihat tayangan – tayangan di TV tentang potensi pariwisata dan daerah – daerah yang sangat indah di Indonesia, saya selalu dan selalu berdecak kagum tak henti – hentinya, betapa kaya dan indahnya Indonesia ini. Cobalah suatu saat jika anda menonton program seperti itu, resapi, dan bayangkanlah, bahwa sebenarnya Negara kita ini mempunyai potensi yang luar biasa. Lautan yang super luas, pemandangan yang luar biasa indahnya, pokoknya, tidak ada duanya Indonesia ini di dunia ini (alamnya)
Tapi sekali lagi sayang, banyak dari keindahan alam itu yang belum dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal, sehingga sepertinya hanya untuk konsumsi orang local sekitarnya, dan belum banyak meningatkan taraf ekonomi masyarakat.
Seandainya saja saya adalah menteri pariwisatanya, saya akan minta anggaran yang diperuntukkan secara maksimal kepada pengembangan potensi – potensi daerah yang memiliki objek wisata yang sangat indah dan dapat menarik wisatawan lokal atau mancanegara. Pertama, kita persiapkan dahulu kesiapan daerah untuk menjadi tujuan wisata, seperti objek akomodasi, transportasi, telekomunikasi, dan infrastruktur yang memadai. Langkah kedua, jika komponoen utama tersebut sudah kita penuhi, barulah kita melakukan promosi yang cerdas ke berbagai Negara atau daerah tujuan kita. Memang, terlihat mudah jika kita hanya menulisnya diatas sebuah blog, tapi mengapa kita tidak mencobanya? Kita tidak akan pernah tau berhasil tidaknya sesuatu sebelum kita mencobanya. Kita sudah diberi modal alam yang hebat, modal ini adalah modal terbesar, dan tidak akan dapat dibeli atau dijual oleh Negara manapun dengan uang seberapapun besarnya. Makannya, jangan sampai asset modal itu rusak, dan tidak dapat dimanfaatkan untuk kesehjateraan manusia.

Tidak ada komentar: