Senin, Juli 30, 2007

Pernahkan Anda menyadarinya?

Tak pernah terbayangkan sebelumnya, seberapa besar dan hebat Indonesia itu. Tersusun dari berbagai perbedaan – perbedaan yang menyatukan Indonesia. Dari suku, ras, agama, dan perbedaan lainnya. Tak ada Negara lain di dunia ini yang mempunyai pluralisme sebanyak dan sehebat Indonesia. Tak percaya?
Pernahkan anda membayangkan, kita di Indonesia yang terdiri dari 33 propinsi, mempunyai puluhan suku, dan ratusan dialeg bahasa yang sangat berbeda di masing – masing daerah, bahkan ada yang berbeda hanya terpaut wilayah kota. Kita dapat melihat contohnya, Jakarta, penduduk aslinya Betawi. Ketika kita pergi ke selatan beberapa ratus kilometer, di Jawa Barat sudah terdapat suku yang benar – benar berbeda dari Betawi, yaitu Sunda. Apakah keduanya sama? Sama sekali tidak, tapi mereka data hidup rukun, damai berdampingan. Apakah benar tidak ada Negara lain di dunia yang seplural ini? Silahkan cari sendiri contohnya, tapi sepengetahuan saya, kita ambil contoh, Malaysia, apa saja yang menonjol disana? Melayu dan Cina. Jepang : Jepang, Cina : Cina, Singapura : Melayu, Cina , Brunei : Melayu, dan yang lain, semuanya homogen, alias rata – rata hanya 1 suku. Sekarang, kita lihat Indonesia, walaupun terdiri dari berbagai suku, yang berbeda – beda, kita tetap dapat menjadi satu, menjadi Indonesia!
Kalau saya pikir, It’s great and wonderful! Indonesia adalah Negara super plural, dan besar! Pernahkan anda membentangkan sebuah peta Indonesia diatas BENUA EROPA? Yup, ternyata besar Negara ini hamper sama (atau malah sama?) dengan sebuah benua, yakni Eropa, coba anda pindah peta itu diatas peta Amerika, yup, kita sejajar dengan Amerika, betapa besarnya Negara ini, tak seharusnya kita takut, dan mau didekte oleh Negara – Negara yang notabene “lebih kecil” dari Negara ini. Atau, coba bentangkan di atas benua Australis, dan Anda menemukan hal yang sama.

Tidak ada komentar: