Kamis, Agustus 09, 2007

Mahasiswa, anarki?

Sering kita lihat di televisi, sekarang banyak yang namanya demonstrasi, baik yang dilakukan oleh kelompok tertentu, atau yang mengatas namakan mahasiswa. Mahasiswa, sebagai kaum muda yang terpelajar, diharapkan mampu memberi contoh yang baik dan santun kepada masyarakat (karena mereka terpelajar). Mereka adalah tulang punggung Negara ini di masa yang akan datang.
Namun sekarang, seiring berkumandangnya atas nama rakyat, demokrasi, atau kebebasan, mahasiswa melakukan protes dengan cara – cara yang “tidak biasa”. Mereka yang seharusnya dapat menyampaikan pendapatnya melalui cara yang santun dan terpelajar, sekarang banyak yang sudah menyimpang. Tidak sedikit kita lihat bentrokan – bentrokan, tindakan anarki yang dilakukan mereka ketika mereka melakukan demonstrasi. Saya sendiri juga tidak tahu pasti, apakah yang menyebabkan ke-anarkian itu benar – benar mahasiswa, atau orang yang menyusup, dan mengaku sebagai mahasiswa.
Dimulai dari contoh kecil, ketika mereka melempari suatu instansi dengan telur busuk, memblokir jalan sehingga merugikan kepentingan umum, menyandera “mobil – mobil” tangki tak bersalah dan tidak tahu menahu, sampai mengebrak – gebrak berusaha menjebol pagar gedung DPRD, atau kantor pemerintah.
Apakah ini yang mereka namakan dengan atas nama rakyat? Tentu saja saya yakin, bahwa rakyat tidak serta merta menginginkan cara mereka yang “kasar” dan tidak terpelajar. Mengapa mereka tidak bermusyawarah, berdiskusi secara baik – baik, sehingga semua pendapat dan argumen mereka bisa didengar secara jelas?
Pasti seandainya anda adalah mahasiswa yang sering melakukan demonstrasi mengatakan, “bagaimana aspirasi kita bisa didengar khalayak ramai, kalau diskusi di dalam ruangan?” atau “bagaimana mereka bisa mendengar aspirasi kita, wong dalam cara baik – baik saja mereka tidak menggubris kita?” ya saya tahu, itu manusiawi, tapi apa memang tidak ada cara yang lebih baik?

3 komentar:

Anonim mengatakan...

KEPADA PENULIS ANDA PERLU MEMUTAR SEJARAH LAGI BAHWA KEMERDEKAAN INDONESIA INI DIWARNAI OLEH DEMONSTRASI. DAN DALAM PELAJARAN JUGA YANG NAMANYA DEMOKRASI ADALAH SESUATU HAL YANG WAJAR JIKA ADANYA DEMONSTRASI. TAPI MEMANG SALAH JUGA MAHASISWA YANG ANARKIS TAPI JANGAN SAMPAI SETIAP DEMO ITU RUGI. PERLU DI INGAT JUGA, SIAPA YANG MENGGULIRKAN KEKUASAAN PRES SOEHARTO KALAU BUKAN CAMPUR TANGAN DARI MAHASISWA.
DAN MENGENAI MASALAH MAHASISWA YANG SETIDAKNYA SOPAN SANTUN ITU PADA HAKIKATNYA SUDAH DILAKUKAN. BANYAK JUGA MAHASISWA YANG BERBICARA DI DEWAN, TAPI PADA KENYATAANNYA, PEMERINTAH TIDAK MEMPEDULIKAN PROTES TERSEBUT.

SEKJEN PENA 98 mengatakan...

Disini ada cerita
Tentang kita yang mau berbagi cinta
Dengan sesama manusia
Disini ada cerita
Tantang kita yang menderita
Karena cinta pada manusia
Disini ada cerita
www.pena-98.com
www.adiannapitupulu.blogspot.com

Anonim mengatakan...

mahasiswa? boleh demo tapi jangan rusuh donk. JANGAN juga tawuran OK!